Selasa, 23 Juni 2009

Teknik Masking Dalam Macromedia Flash


Tutorial Flash :


Seperti janji saya dalam postingan sebelumnya untuk mengulas animasi yang ada dalam postingan tersebut. Gak ngerti ya animasi apaan, makanya buka postingan pertamanya donk!, hehehe...

Animasi tersebut menggunakan efek seperti lampu sorot, yang sering disebut dengan efek masking. Efek tersebut di buat menggunakan software Macromedia Flash, sebuah software yang tidak asing untuk para programer web. Software yang sering digunakan untuk membuat halaman web lebih dinamis dan lebih hidup. Ok, langsung kita masuk pada ulasan untuk teknik masking ini :

Jika kamu sudah punya software Macromedia Flash, buka software tersebut dan ikuti langkah-langkah berikut ini. Buat sebuah tulisan menggunakan Text Tool dan buat tulisan sesuka kamu ataupun object sesuka kamu yang akan menjadi object utama yang kita soroti.

Setelah kamu yakin dengan object kamu, atur propertis dari halaman agar tidak terlalu besar untuk object kita, sesuaikan tinggi dan lebar dari halaman, selanjutnya lakukan langkah di bawah ini. (aku bikin animasi ini pakai Macromedia Flash MX, sebenarnya ada versi terbarunya tapi karena sekarang dah gak pernah update software lg)


Klik Tombol insert kemudian klik menu insert layer, kemudian posisikan krusor pada layer baru tersebut dan klik pada keyframenya. Buat sebuah lingkaran dengan diameter kamu sesuaikan dengan tinggi object yang akan kamu soroti. Pastikan lingkaran tersebut dibuat pada layer baru kamu. jadi tulisan atau object sorotan kita berada di layer 1 dan lingkaran berada pada layer 2 (di atasnya). Hasilnya seperti gambar berikut ini :


Atur dan pastikan object sorotan dan posisi lingkaran berada seperti gambar di atas. Setelah itu klik kanan pada layer2(layer atas), akan muncul menu seperti pada gambar di bawah ini , kemudian klik kanan dan pilih menu Mask. Untuk detailnya bisa dilihat dalam gambar berikut :



Langkah selanjutnya adalah klik gambar lingkaran dan tekan tombol F8 (create symbol). Pada fase ini kita akan membuat lingkaran menjadi sebuah symbol.
Langkah-langkah persiapan sudah kita lanjutkan, untuk selanjutnya kita akan membuat object kita berjalan. pertama kita akan menjalankan lingkaran tersebut melewati tulisan atau object kita caranya adalah sebagai berikut :

Pastikan bahwa lingkaran berada pada layer2 dan object tulisan berada di layer 1, Pada layer 2 klik time line pada angka 40 kemudian klik kanan dan pilih menu insert keyframe. Kemudian pada time line angka 80 klik kanan lagi dan insert keyframe lagi (angka-angka di atas bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu, angka-angka ini nantinya akan mengatur kecepatan lingkaran melintasi object kita). detailnya bisa di lihat pada gambar berikut :



Selanjutnya adalah mengatur letak lingkaran pada masing-masing time line, pada time line posisi 40 atur posisi lingkaran di seberang posisi awal seperti pada gambar di atas,
Kemudian klik kanan pada frame ke 1 dan pilih Create Motion Tween juga pada time line ke 40 lakukan hal yang sama, hal ini untuk membuat gerakan lingkaran kita lebih smooth. detailnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :




Sekarang kita sudah memiliki sebuah animasi flash yang dibuat dengan teknik masking, Selanjutnya tekan tombol crtl dan enter bersama-sama untuk mencoba movie kita.
Selamat Mencoba !!!
Tambahkan sedikit modifikasi sehingga hasilnya menjadi seperti ini :






2 comments:

Anonim mengatakan...

susye nyobanya, Mbah Slamet...
nggak ada macromedia Flash-nya nih...
cuma satu pertanyaan saya, aplikasi/output dr flash ini, cocoknya digunakan untuk apa ya? mohon pencerahaannya...

Mbah Slamet mengatakan...

hehehe... yups, iya juga yah,
efek ini biasanya di pake pada web untuk variasi banner-banner iklan agar lebih menarik karena lebih dinamis..

Posting Komentar