Sabtu, 27 Juni 2009

Action Script Untuk Menuliskan Hari, Tanggal dan Jam dengan Macromedia Flash


Tutorial Flash


Animasi ini dibuat menggunakan Macromedia FlashMx, dan berfungsi untuk menuliskan nama hari, nama bulan dan tahun serta jam dengan bahasa Indonesia. Kamu bisa membuat format, jenis font, warna dan besar font sesuai dengan selera Kamu. Kamu juga bisa membuatnya lebih menarik dengan cara menambahkan beberapa Action Script atau menambahkan Background dll.






Ketika kamu membuka file baru pada Macromedia Flash Mx kamu akan langsung disediakan 1 buah layer pada jendela Time Line. Pada layer ini buat teks dengan text tool pada jendela Tools atau bisa dengan menekan huruf T, kemudian tuliskan “ 00-bulan-0000” tulisan ini kita gunakan untuk memperkirakan panjang teks yang akan ditulis pada teks nanti yaitu nama hari, tanggal bulan dan tahun. Kamu bisa memperkirakan panjang teks dengan memperkirakan banyaknya huruf yang akan kita tulis apabila kita menambahkan berberapa pengantar misalnya “hari ini :” , “waktu di komputer kamu :” dan lain sebagainya. Masih pada layer yang sama buat teks lagi kemudian tuliskan “hh : mm : dd” . teks ini akan kita gunakan untuk menuliskan waktu.

Setelah langkah di atas selesai kita lajutkan dengan memberi nama variabel dari teks yang telah kita buat tadi. Buka jendela properties untuk teks, pada properties ubah “static text” pada jendela properties menjadi “Dinamic text” untuk semua teks yang telah kita buat. Setelah itu isi var pada jendela properties untuk teks pertama dengan “myDay” dan teks kedua dengan “myTime”.Jendela properties dapat dilihat pada gambar berikut ini :

Setelah itu tambahkan layer dengan menekan menu insert kemudian layer. Pada layer kedua ini kita akan memberikan Script untuk menuliskan tanggal dan jam saat ini di komputer pada animasi kita. Untuk itu klik pada layer 2 kemudian klik kanan dan pilih actions. Pada jendela actions salin script dibawah ini.

//Oleh : Roni-Mr © 2005
// membuat array hari

function makeDayArray() {
this.length = 7;
this[1]="Ahad", this[2]="Senin";
this[3]="Selasa", this[4]="Rabu";
this[5]="Kamis", this[6]="Jum'at";
this[7] = "Sabtu";
return this();

}
// membuat array bulan
function makeMonthArray() {
this.length = 12;
this[1]="Januari", this[2]="Februari";
this[3]="Maret", this[4]="April";
this[5]="Mei", this[6]="Juni";
this[7]="Juli", this[8]="Agustus";
this[9]="September", this[10]="Oktober";
this[11]="November", this[12]="Desember";
return this();

}

// mengambil data dari di komputer

_root.onEnterFrame = function() {
myDate = new Date();

//menentukan hari dan tanggal
dayName = new makeDayArray();
monthName = new makeMonthArray();
day = myDate.getDay()+1;
dates = myDate.getDate();
month = myDate.getMonth()+1;
year = myDate.getFullYear();

//menentukan waktu
hour = myDate.getHours();
minute = myDate.getMinutes();
second = myDate.getSeconds();

//menulis hasil
newDay = dayName[day];
newMonth = monthName[month];
myDay = newDay+", "+dates+" "+newMonth+" "+year;
myTime = hour+":"+minute+":"+second;

};

Kamu bisa copy script di atas ke jendela action untuk frame 2, atau klik layer 2 dan tekan F9 untuk memunculkan jendela action script. Jika kamu menggunakan flash versi sebelum MX / 6 maka kamu harus merubah jendela action script ke mode expert mode dulu, caranya adalah seperti gambar di bawah ini :

Setelah script tersebut dimasukkan ke jendela action sript, maka kita sudah bisa melihat hasilnya. Selamat Mencoba!!!


0 comments:

Posting Komentar