Sabtu, 11 Juli 2009

Menampilkan Tanggal dan Nama Hari di Blog dengan Java Script


Tutorial Blog


Sekarang hari apa ya? tanggal berapa seh? kok jadi lupa-lupa ingat begini kayak lagunya Band Kuburan yang Lupa-Lupa Ingat itu.

Mungkin kita pernah mengalami hal semacam ini, ragu-ragu dengan hari dan tanggal berapa sekarang, namanya juga manusia.. hiks, Namun hal tersebut tidak akan terjadi pada pengunjung blog kamu ketika blog kamu dilengkapi dengan tampilan tanggal dan hari sekarang. Memang sudah banyak sih situs-situs yang menyediakan widget gratis berupa tampilan Hari, Tanggal dan Jam. Tetapi, ternyata kita bisa membuatnya sendiri kok, bisa tampil pakai nama hari dan bulan pakai Bahasa Indonesia pula.

Untuk menampilkan tampilan hari dan tanggal dalam Bahasa Indonesia selain dengan Macromedia Flash seperti postingan sebelumnya yang bisa kamu baca di sini, kamu juga bisa menampilkan hari dan tanggal tersebut di blog kamu dengan menggunakan Java Script. Ingin tahu bagaimana caranya??? berikut ini salah satu cara untuk membuatnya :

  • Tentukan dimana kamu akan meletakkan tampilan Tanggal dan Hari tersebut. setelah letaknya ditentukan, kamu tinggal mengambil script berikut ini lalu kamu paste kan di editor HTML blog kamu.
  • Apabila kamu akan menampilkan di samping postingan kamu, lakukan langkah-langkah berikut :
  • Masuk ke Dashboard, kemudian ke Layout dan Klik menu add Gadget.
  • Setelah itu, pilih menu HTML/Javascript.

  • Selanjutnya tuliskan script di bawah ini :




  • Klik Save dan coba kamu preview blog kamu sekarang dan ternyata sudah ada tampilan Nama Hari dan Tanggalnya. Kalau scriptnya tidak bisa di eksekusi kasih tahu ya, soalnya aku sudah mencobanya dan berhasil.

Selamat Mencoba!!

0 comments:

Posting Komentar